Jangan Menghakimi

Assalamualaikum

Tulisan kali ini hanya sekedar sharing mengingat hal ini banyak terjadi, bahkan mungkin diri kita pernah melakukan hal seperti du tulisan ini.

Terkadang kita, terlalu sering menghakimi orang lain, tanpa melihat diri kita seperti apa, kita hanya bisa menyalahkan orang lain, sementara kita tidak menyadari seberapa sakit hati orang yang kita hakimi, belum tentu apa yang kita tuduhkan itu benar seperti yang terlihat.

Benar atau salah bukan hak kita untuk menilai, bukan hak kita untuk menghakimi, toh orang yang menghakimi juga belum tentu benar. Jika pun benar, mereka salah, itu urusan mereka dengan Sang Pencipta, bukankah tiap-tiap perbuatan akan ada balasannya, berbuat baik akan mendapatkan kebaikan dan berbuat jahat maka akan mendapatkan keburukan.

Kita siapa yang bisa menentukan ini benar dan itu salah, ketahuilah terkadang hal yang kita lihat diluar salah belum tentu salah dan hal yang kita liat benar diluar belum benar. Kita menuduh orang yang berbuat salah sebagai pendosa lantas yang menuduh sebagai Malaikat, tak ada manusia yang sempurna dan suci, jika kita merasa benar dan bersih, kapan kita akan bisa belajar dan mengerti orang lain? Yang pada akhirnya kita tak akan pernah tahu kesalahan kita dan tidak memperbaiki diri. Kita merasa benar dengan sikap dan tindakan kita, padahal itu keliru, sehingga kita berada dalam kesalahan sampai akhir hayat kita, dan orang yang kita tuduh berbuat salah? mereka terus memperbaiki dirinya dan berusaha menjadi lebih baik dari hari ke hari, karena belajar dari kesalahannya. Sehingga bisa berubah jadi baik. Akhir hayat mereka dalam usaha memperbaiki diri.

Ingatlah!!! kita kelak di surga ataupun di neraka hanya ALLAH SWT yang tahu, itu merupakan hak dari ALLAH SWT, kenapa demikian? Karena yang Maha Tahu hati manusia, urusan manusia hanyalah ALLAH SWT.

Jadi Please Stop Menghakimi!!!

Perbanyak Instrospeksi Diri

Jangan menganggap Diri Suci,

Ketika mengganggap diri benar kita tidak akan pernah belajar untuk jadi baik.

Wassalamu🙏

Share: