Jenis-Jenis Kue Bolu/Cake

 

Selama ini taunya cuma makan kue bolu, belum pernah mengerti bagaimana teknik pembuatannya, akibat terpengaruh dengan rumor bahwa pembuatan kue bolu itu ribet, akhirnya malas buat deh, baru sekarang ini ketika udah jadi emak-emak, baru  mulai terfikir untuk belajar membuat kue buat keluarga tercinta, dan ternyata eh ternyata kue bolu itu tidak seribet seperti yang saya banyangkan dan pernah saya dengar, asalkan teknik pembuatannya sesuai dan takarannya pass In Syaa ALLAH berhasil,,,

Berbicara tentang teknik pembuatan kue bolu/cake ada beberapa jenis teknik pembuatan yang bisa menghasilkan tekstur kue/cake yang berbeda-beda.

Jenis

Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan menjadi dua kelompok.

  1. Butter cake

Namanya aja butter, jadi cake ini menggunakan mentega/margarin yang lebih banyak dibandingkan cake yang lain, tekhnik pembuatan kue ini dengan cara mentega dan gula dikocok, hingga putih dan mengembang (sebenanrnya ga mengembang-mengembang banget sih, karena pengembang kuenya di masukan bareng ma terigu). Nah setelah itu masukkan telur, dan terigu yang dicampur baking soda atau baking powder. Salah satu contoh butter cake yaitu pound cake, tp kalau sekarang resep dasar butter cake bisa di buat macam-macam, antara lain : marbel butter cake, butter cake zebra, kadang ada yang nambahin tape, pasta pandan dll, tergantung selera dan kelihaian memodifikasi resep butter cake.

Oh ya butter cake ini jenis kue yang agak padat,berat, dan bisa mengenyangkan. So one slice aja udah cukup deh, mengingat mentega nya agak banyak…

  1. Sponge cake(foam cake)

Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.

Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:

  • Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah. Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cakeatau angel food cake.
  • Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise)

Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan. (Source : Wikipedia)

Kenapa bisa dinamakn sponge cake (jadi ingat sponge bob, hehehehhe) karena cake nya berpori dan agak membal kayak spons.

 

 

  1. Cotton cake

Catoon Cake termasuk kue yang baru dikenal dan lagi digemari…karena  teksturnya yang lembut. Metode pembuatannya mirip mirip pembuatan chiffon cake, Cuma beda dicara memanggangnya, menggunakan metode steam bake, yaitu dibawah loyang adonan di taruh loyang yang lebih besar dan diberi air hangat atau air panas sebanyak 1cm sampai dengan 1,5 cm kemudian di panggang. Menurut saya hasil dari pemanggangan kuenya agak mirip kue bolu kukus karena disekeliling kue agak lembab tidak ada tanda lapisan cokelat yang terlihat seperti kalau cake tersebut di panggang.

  1. All In One Method

Jenis cake yang satu ini cara membutanya sangat mudah dan tidak membuat cucian mangkok menumpuk, cara pembuatannya yaitu dengan memasukan semua bahan dalam satu wadah dan mengaduknya hingga tercampur rata, pengadukannya pun tidak harus lama dan tidak perlu sampe mengembang. Menurut saya teksturnya padat dan lembut, walaupun tak selembut chiffon cake.

Ok deh semoga ulasan saya di atas mengenai kue bolu/cake dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan baru bagi kita semua, yang lagi belajar baking seperti saya atau lagi pengen memulai belajar baking. In Syaa ALLAH di ulasan berikutnya disertakan gambar dan resep sesuai dengan jenis pembuatannya.

Oh iya bolu sama cake sama aja yah…

Bolu atau kue Bolu (dari bahas portugis : bolo ; bahasa Inggris : cake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula dan telur. Source Wikipedia

Trimakasih sudah menyempatkan diri untuk membaca…see u next 🙂

Share: