Mulutmu Harimaumu

69

Assalamualaikum

Sekedar renungan

Sebelum berbicara pikirkan terlebih dahulu apa yang akan kita bicarakan, karena kata kata yang akan kita keluarkan bukan lagi menjadi milik kita tetapi milik orang lain yang mendengarkan.

Ada beberapa pribahasa yang bersangkutan dengan perkataan yang akan kita keluarkan, antara lain: “mulut mu harimaumu” dan “karena mulut badan binasa”, ini menandakan bahwa, kita perlu berhati-hati dalam berbicara dan mengeluarkan pendapat.

Terkadang kita berbicara tanpa mempedulikan perasaan orang lain, atau kita sengaja menyindir sehingga orang yang kita sindir merasa tersinggung, hal ini mendatangkan kepuasan batin tapi membuat orang lain sakit hati. Atau ada juga yang berbicara dengan maksud bercanda, tetapi yang mendengar candaan kita itu merasa di permalukan atau dihina, dsb.

Oleh karena itu untuk menjaga agar kita tidak membuat orang lain marah, tersinggung ataupun terhina dengan kata kata kita, pilihlah bahasa yang akan kita gunakan,pilih bahasa yang baik, yang santun dan enak didengar ketika di ucapkan. Jika kita tidak mampu melakukannya lebih baik kita diam, karena diam itu emas.

Wassalam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here