Tips Agar Kita Tidak Memikirkan Perkataan Buruk Orang Lain

Assalamualaikum
Kali ini saya akan berbicara mengenai tips bagaimana cara agar kita tidak terlalu memikirkan sikap,perilaku dan kata-kata buruk orang lain kepada kita,
Tidak bisa di pungkiri manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain baik itu hanya untuk sekedar diajak cerita sampai meminta bantuan.
Terkadang kontak sosial ini pula yang menimbulkan masalah jika terlalu berlebihan, sehingga terjadi ketersinggungan bahkan adu mulut yang biasa berlanjut ke adu fisik, nah untuk menyikapi hal tersebut ada beberapa tips dari saya, yang tentunya sesuai dengan pengalaman pribadi.
1. Jangan memasukkan semua masalah ke dalam hati, jika hati kita begitu perasa dalam setiap masalah, kita akan terus menerus merasa kecewa dan sakit hati, hal yang sepele pun bisa membuat kita sedih. Hal yang kecil pun bisa dibesar-besarkan. Yang pada akhirnya akan membuat kita sakit hati sendiri.
2. Tidak menanggapi hal-hal yang belum tentu benar, jangan mendengarkan isu yang beredar, dan menelannya mentah-mentah, cari tau kebenaran ceritanya agar kita tidak salah dalam mengambil keputusan.
3. Maafkan dan lupakan, jika ada teman atau kerabat yang berkata kasar, atau membuat hati kita tersinggung, tarik nafas sejenak dan hembuskan, ibaratnya tarikan nafas itu adalah bahasa yang membuat kita marah atau tersinggung, dan hembusan nafas, seolah olah hembusan yang kita keluarkan itu adalah kata-kata yang buruk terhadap kita, jangan simpan dalam hati kata kata buruk yang dapat melemahkan kita, keluarkan, lepaskan, biar hati menjadi lega. Jangan biarkan prasangka buruk, makian atau hinaan orang, menjadikan kita lemah, jangan biarkan hal tersebut bersarang di otak dan hati kita, perbarui hati kita dengan hal-hal positif. Seperti bernafas, menghirup dan mengeluarkan udara, semua hal baik kita ambil, dan hal buruk kita keluarkan.
4. Hindari mereka yang selalu menjatuhkan dan melemahkan kita,
Kurangi pergaulan dengan orang-orang seperti itu, karena sifat buruk mereka akan menular kepada kita, berjalanlah dengan orang yang memiliki pikiran positif dan baik, bukankah jika kita berteman dengan penjual parfum kita juga akan ikut wangi??? Karena teman yang baik akan memberi kebaikan di kemudian hari. Selektiflah dalam memilih teman.
5. Jangan jadikan masalah orang lain menjadi maslah kita, artinya jangan ikut campur dengan masalah orang lain, terkecuali kita diminta sebagai penengah, itupun kita harus adil dan bijaksana dalam menilai masalah, jangan membela salah satu pihak, hal ini akan membuat masalah semakin runyam. Dan akan menambah musuh dan masalah baru bagi kita. Bukankah kita ingin menghindari makian orang.
6. Kita tidak bisa melarang orang untuk tidak menilai diri kita, terimalah kritik yang membangun, kritik yang memotivasi untuk lebih baik, belajarlah bersyukur jika hari ini engkau dapat bertahan dan berdiri di atas semua masalah mu. Adapun kritik yang melemahkan anggap saja angin yg berhembus, akan berlalu seiring waktu. Cemoohan dan hinaan hanya sebatas lidah. Biasanya orang yg iri itu karena mereka tidak bisa menjadi seperti kita.

Share: