Tips Mengatasi Anak Demam

Tips Mengatasi Anak Demam

Assalamualaikum…tulisan saya kali ini mengenai anak, balita ataupun bayi yang terkena demam, batuk flu atau pilek, apalagi disaat saat sekarang, yang mana cuaca agak kurang bersahabat kadang panas terik, kadang hujan kadang cuma mendung aja, tp kita ga bisa juga nyalahin cuaca kali yah.. semua itu sudah takdir,,,

Mom’be,,,saya sebagai seorang ibu terkadang kalo sudah cuaca seperti itu biasanya khawatir tentang kondisi si kecil, terkadang mereka kena flu atau batuk biasa juga disertai demam, walaupun ringan dan hanya berlangsung seminggu tapi perasaan khawatir tetap ada, apalagi kalo anak tidak bisa tidur dengan nyenyak otomatis kita sebagai orang tua pun ga bisa tidur.

Nah.. biasanya kalo balita saya kena flu, batuk yang disertai demam atau hanya salah satunya saja, sebelum ke puskesmas, saya biasanya merawat sendiri anak dirumah. Cara ini saya sudah praktekkan kepada dua balita saya, Abbad (3 thn 6 bln dan Khaufan 2 thn 2 bulan). Kalo untuk Abbad sih agak telat prakteknya soalnya waktu itu masih di perantauan jauh dari keluarga dan masih kurang informasi, waktu itu kalau Abbad sakit bawaannya takut, pengen cepat-cepat sembuh. Tapi kalau yang untuk adiknya Khaufan sudah ga parno lagi, jadi saya terapkan ramuan ini dari Khaufan umur 3 bulan pas kena demam barengan sm flu. intinya tetap tenang. Prinsip saya skarang minimalisirkan bahan kimia masuk ketubuh anak anak saya, terkecuali sudah ga bisa pakai alternatif yang lain baru ke Dokter.

Okey langsung aja yah mom’be …

Jika bayi atau balita anda terkena flu, demam, batuk ringan, apalagi pada malam hari, jangan panik

  1. Sediakan :

Dua siung bawang merah

Satu sendok teh Minyak telon atau Minyak tawon (saya biasa mix keduanya)

Cara :

Hancurkan bawang merah pakai jari, di sendok sup, campur dengan minyak telon atau minyak tawon.

Panaskan di atas lilin atau kompor, jika sudah keluar buih, bawang merah juga sudah lemas, matikan api,

Ambil ramuannya gosok ditelapak tangan kemudian baluri di seluruh tubuh balita atau bayi kita, sambil d pijat perlahan, termasuk belakang telinga, ketiak, telapak kaki dan dahi, hati hati terkena mata, uap hangatnya dapat dihirup dan itu efeknya dapat mngencerkan lendir atau dahak.

Lakukan dua kali sehati sehabis mandi pagi dan malam ketika hendak tidur, biar bobo si bayi atau balita moms’be tidak terganggu dengan batuk dan hidung tersumbat.

Untuk anak yang alergi minyak telon, seperti anak saya Khaufan, pertama pakai ramuan ini kulitnya kmerahan,,,karena agak panas, saya pikir panas dari minyak telon dan bawang merah akhirnya minyak telon saya ganti Minyak tawon walaupun minyak tawon juga hangat tapi cocok dikulit khaufan, waktu itu Khaufan masih tiga bulan jadi kulitnya masih lembut.

Tapi jika Moms’be khawatir ga cocok dikulit balita atau bayi, bisa pake alternatif kedua, dibawah ini  :

  1. Sediakan :

Dua ruas kunyit kuning

Satu sendok teh Minyak telon atau Minyak tawon (saya biasa mix keduanya, minyak tawon lebih banyak dari minyak telon)

Caranya :

Dua ruas kunyit tumbuk, ga kasar tapi ga halus juga sedang-sedang saja. Campur di wadah sendok sup dengan minyak telon atau minyak tawon, panaskan di atas api seperti cara di atas, ketika cukup panas dan berbuih, matikan api.

Setelah agak hangat, ambil ramuan dan baluri di seluruh badan balita atau bayi, kemudian pijat dengan lembut seluruh tubuh. Jangan lupa dahi, di batang hidung, belakang telinga, telapak kaki dan ketiak, jangan sampai kena mata yah.

Cara ini saya dapatkan dari seorang sahabat yang ponakannya baru berumur sebulan dan terkena flu batuk. Untuk menghindari obat kimia karena si bayi masih terlalu dini untuk minum obat, ramuan inilah yang dipakai. Dan ketika saya praktekkan Alhamdulilah Khaufan, sehari aja udah turun panas dan flu nya.

Tapi kalau pakai kunyit, tangan pada kuning yah,,,badan balita juga pada kuning, tapi ga apa-apa yang penting anak-anak sembuh. Nanti kuning d badan dan tangan juga hilang kok.

Minyak telon dan minyak tawonnya bisa pake merk apa saja yah…karena kebetulan minyak telon dan minyak tawon yang merk diatas yang saya pakai jadi fotonya yang itu.

Sekilas Info jika demam yang disertai batuk dan flu nya ga berenti selama 3 hari setelah di beri ramuan, segera ke Dokter yah Mom’ be, untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut. Apalagi kalo panas nya disertai Muntaber harus segera ke Dokter, ga boleh nunggu sampe 3 hari.

Share: