Tips Mengatur Pengeluaran Bulanan Ala Dhiyan Masiana

59

Assalamualaikum

Untuk para ibu rumah tangga yang tiap bulannya mikir gimana ya duit belanja bulanan bisa cukup. Ada beberapa tips yang saya bagikan, semoga bermanfaat.

Tips mengatur pengeluaran bulanan ala Dhiyan Masiana :
1. Jumlahkan semua pendapatan bulanan, sumber nya dari mana saja, bisa dari gaji atau pendapatan di luar gaji.
2. Pisahkan antara kebutuhan dan keinginan, Rincian kebutuhan pokok bulanan seperti sembako, bpjs, biaya pendidikan, susu anak dsb, rinci juga keinginan yang hendak di realisasikan, contoh santai di weekend, berlibur ke pantai atau sekedar belanja tas di mall.
3. Jika pendapatan bulanan pas dengan pengeluaran bulanan, tahan keinginan anda untuk membeli barang atau berlibur di saat weekend. Dahulukan kebutuhan anda di atas keinginan Anda.
4. Selalu simpan struk pembelian barang, di setiap toko atau swalayan yang di kunjungi, gunanya untuk mengetahui di toko mana yang harga barangnya bisa bersaing, sehingga swalayan tsb dapat di jadikan tempat belanja bulanan kita.
5. Cari barang yang ada gratisan nya atau beli satu dapat dua, contoh beli susu anak 1200gr dapat hadiah minyak goreng, atau beli barang belanjaan
Rp. 100.000 rb dapat gula murah seharga Rp. 10.000 rb. Beli deterjen dapat hadiah sabun cuci piring dsb. Seperti pribahasa sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui.
6. Usahakan jangan berutang, sesedikit apapun itu, terlebih jika pendapatan anda pas pasan. Syukuri apa yang ada, “jangan melihat ke atas tapi melihat lah ke bawah”. Jangan “lebih besar pasak daripada tiang”.

Semoga bermanfaat 🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here