Tips meningkatkan daya tahan tubuh anak balita ku agar selalu aktif dan tidak mudah sakit (Abbad dan Khaufan)

66

Assalamualaikum

Sekarang ini masa aktif-aktifnya dua balita ku Abbad dan Khaufan, ga da istirahat nya kalau sudah bermain, kalau capek tidur nya pun di atas lantai bersama mainan mereka, kegiatan bermain si dua balita ini ga bisa saya batasi tapi tetap saya awasi, terlebih kalau sambil masak, Abbad dan Khaufan harus tetap dalam jangkauan.

Tips ini dari mama saya nenek mereka (walaupun dari kecil kita sendiri tidak dibiarkan bermain di luar rumah) bercermin dari pengalaman mama dan dari perbandingan antara kami anak-anak nya dan sepupu kami yang si “bolang” malah mereka jarang sakit, daya tahan tubuh mereka kuat dan lebih bertenaga.

1. Biarkan anak-anak bermain kotoran.
Mau main tanah, main pasir atau becek, ga masalah, nanti kalau mereka puas bermain baru di bersihkan badannya.
Hal ini saya lakukan mengingat sepupu saya dikampung, kondisi badan mereka fit, jarang sakit, padahal mainnya panas- panasan hujan-hujanan, ga pake alas kaki, ga pake baju( kalau yang laki), gimana ga, mereka nanam sayur, memancing ikan, ngambil sagu, dsb yang berhubungan dengan alam, tapi dibandingkan mereka tubuhku lebih cepat terserang flu, kena angin bisa alergi, debu sedikit saja bisa meler. Kena panas matahari bisa sakit kepala. Kata Mama sewaktu kecil bahkan sampai manginjak masa kanak-kanak, kami bertiga anak perempuannya, jarang dibiarkan bermain diluar rumah, akhirnya ketika kami keluar rumah tubuh kami tidak siap menerima lingkungan yang baru. Tubuh kami harus beradaptasi, sampai sekarang pun ketika kami sudah punya anak, alergi dingin, debu dan angin masih kami rasakan, walaupun sudah agak berkurang. Seperti itulah proteksi orangtua. Oh iya ketika anak bermain di luar tetap harus selalu dalam pengawasan.
2. Bermain di alam terbuka
Kalau pulang kampung, sesekali ajak anak-anak ke sawah, atau kebun sayur, ajari mereka berkebun, Biarkan tangan mereka kotor ataupun keringatan nanti juga kan bakalan mandi, biar lebih seru kalau bisa mandinya di kali, kalo untuk balita sih mandinya di pinggir pinggir kali saja, atau dalam gendongan orang tua.
Masih berhubungan dengan alam, ketika musim hujan tiba biarkan anak bermain hujan-hujanan. Dulu waktu kecil, kayaknya ga pernah deh bermain hujan-hujanan, paling hanya melihat hujan dari jendela, pengen keluar takut dimarahin, tapi sekarang saya bermain hujan-hujanan bersama kakak Abbad karena umumnya sdh 3 tahun lebih, jadi dia sudah kami bolehkan bermain hujan-hujanan, tapi kalau sudah liat kakak Abbad nya kedinginan, saya cepat-cepat suruh berhenti, saya mandikan dan baluri badannya dengan minyak telon, lalu pakaikan baju yang hangat. Nah sekarang nih karena Khaufan juga sudah mulai pengen main hujan, kayaknya akan saya izinkan tapi waktunya tidak lama, soalnya umur Khaufan baru 2 tahun 5 bulan. Bermain hujan-hujanan sangat mengasyikkan anak-anak bisa bahagia, Hal yang paling membuat orang tua bahagia adalah jika melihat anak-anak bahagia.
Oh iya mengajari anak mengenal alam sekitar membuat anak mengerti tentang kebesaran ALLAH SWT juga bisa mengajari anak untuk menjaga alam sekitarnya.
3. Bermain bersama teman-temannya
Hal ini mengajak anak untuk bersosialisasi, mengajar bagaimana cara mereka berkawan, tetapi yang harus di ketahui ajari anak dari dalam rumah, untuk tidak menyakiti teman bermain nya. Biasa kan juga anak kita untuk bermain dengan hewan peliharaan seperti ikan, kucing dan burung tentunya tidak berlebihan, ajari mereka untuk mencintai lingkungan nya, agar dewasa mereka tidak merusak alam sekitarnya.
Jika punya kesempatan, tiap akhir pekan, ajak anak ke taman bermain atau taman terbuka yang ada permainan nya, seperti ayunan, prosotan dsb. Buat tubuh mereka aktif bergerak, jadikan masa kecil mereka ceria, beri mereka ilmu sesuai dengan umur mereka, jangan paksakan anak-anak belajar sesuatu yang mereka balum siap menerimanya.
Masa kanak-kanak adalah masa paling indah dalam hidup, dimasa itu tidak ada beban dalam hidup, yang ada hanya bermain dan bermain tetapi selingi bermain dengan memberikan ilmu yang bermanfaat dan tidak memberatkan otak mereka.

Wassalam 🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here