Tips Untuk Dirimu Yang Sedang Bersedih

Ingatlah sesudah kesusahan pasti ada kemudahan, bukankah setelah malam ada siang, ada yang datang ada pula yang pergi,

1. Jangan pernah menyesali apa yang sudah terjadi. Sebenarnya yang lebih tepat kita menyesali perbuatannya bodoh yang kita pernah lakukan, agar tidak memikirkan perbuatan tersebut berlarut-larut, mohon ampunlah dan jangan mengulanginya lagi, berdoalah agar dijauhkan dari perbuatan bodoh tersebut. Perbaiki diri lebih baik lagi, bukankah tidak enak rasanya yang namanya “penyesalan”.

2. Sibukkan diri dengan hal positif, bergabung dalam organisasi kemanusiaan, atau mengikuti pengajian mingguan, kita akan bertemu orang baru dan lebih baik, tentu sangat menyenangkan jika kita bisa membantu orang lain, sehingga kita tau banyak orang-orang yang lebih berat cobaannya di banding diri kita.

3. Bahagiakan diri kita, tidak perlu ke salon mahal atau k mal berjam jam belanja menghabiskan uang. Cukup di rumah saja kita pun bisa bahagia, tentunya kita sudah tahu, kebahagiaan itu ada nya di dalam hati, tak perlu cari ke salon atau ke mal, di rumah juga ada, mungkin selama ini kita terlalu sibuk dengan diri kita sendiri, sekarang sudah saatnya kita berkumpul dengan keluarga👨‍👩‍👧‍👦, bersenda gurau, menari bersama💃,makan bersama🍱, menanam bunga🌹 atau membersihkan rumah bersama orang-orang tersayang. Bersyukurlah jika kita dan keluarga diberi kesehatan dan materi yang cukup, itu lebih membuat bahagia di atas segalanya, di bandingkan materi berlimpah tetapi sakit dan sibuk sendiri-sendiri.

4. Berkumpul dengan keluarga ataupun teman jangan lupa selipkan cerita cerita lucu yang bisa membuat tertawa. Tertawa itu juga nikmat ALLAH SWT, memang dengan tertawa masalah tidak bisa terselesaikan tepi setidaknya rasa kesal atau pun beban yang ada menjadi sedikit berkurang, otak juga menjadi lebih segar.

5. Nikmatilah hal hal kecil setiap hari, nikmati murotal d handphone mu, dan cerna artinya, dengarkan suara merdu melantunkan ayat-ayat Alquran, yang membuat hati menjadi tenang, dengarkan bunyi gemericik air yang mengalir, kicau 🐦burung di pagi hari, ayam 🐓🐔 yang berkokok di saat subuh menjelang pagi, sawah🌾 membentang luas, langit biru, binatang ternak yang berjalan beriringan dan masih banyak lagi. Nikmati setiap perjalanan hidup, semuanya, sehingga dengan menikmati hal tersebut kita akan terus bersyukur, kita akan selalu mengingat Sang Pencipta. Bukankah dengan mengingat ALLAH Swt hati menjadi tenang. Nikmatilah Kebesaran dan Keagungan ALLAH Swt, karena setiap detail ciptaan NYA tidak ada yang sia-sia.

6. Jangan memikirkan hal yang tidak penting, ini hanya akan membuang buang energi, jangan mengerjakan hal yang tidak bermanfaat ataupun jangan mengingat orang-orang yang telah membuat hati kita menjadi luka, jika kemarin mereka menyakiti, hari ini dan seterusnya mereka akan menyakiti, dan bukan kewajiban kita untuk menyadarkan nya.

7. Jangan pernah merasa terpuruk, di dunia ini banyak yang lebih menderita dari diri kita, banyak yang kehilangan orang terkasih, banyak yang kelaparan, banyak yang terlilit hutang, banyak yang sakit. Perbaiki diri kita dan tetap berdoa 🤲 dan berusaha💪. Otak kita berisi ide-ide yang baik jangan dilemahkan oleh masalah.

Berdoa dan berusaha untuk sesuatu yang lebih baik, tinggalkan kenangan buruk dan buat kenangan yang lebih indah,,,memang kenangan buruk tak bisa di lupakan tetapi setidaknya kita tidak merasa sakit dan bersedih lagi ketika kita mengingatnya, bahkan ketika kita berada di titik yang lebih baik, kita akan tertawa 😂 mengingat kebodohan masa lalu kita, perih itu telah hilang dan tak berbekas.

Jangan lupa terus bersyukur🤲

Share: